Monday, May 4, 2009

Carpal Tunnel Syndrome: Gunakan Komputer Dengan Baik dan Benar

pernah kah anda ngerasa tangan sakit2, pegel, senut2 sehabis maen komputer? bisa jadi anda kena Carpal tunnel Syndrome atau Sindrom Terowongan Kapal

Apa Itu?

Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Dan biasanya sering diakibatkan karena terlalu sering memakai keyboard dan mouse. Walaupun banyak penyebab lainnya tetapi pemakaian komputer yang terlalu sering menjadi salah satu penyebab yang paling banyak terjadi untuk penyakit persendian pergelangan tangan ini. Tanda-tandanya antara lain seperti sering pegal dan atau nyeri pada bagian pergelangan tangan maupun juga jari tangan, terutama pada bagian ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Wanita bahkan mempunyai resiko 3 kali lipat lebih banyak untuk terkena Carpal Tunnel Syndrome dibandingkan dengan pria. Hal terburuk yang mungkin terjadi?? jangan dianggap enteng dengan masalah CTS ini karena bisa saja CTS mengakibatkan putusnya sendi pergelangan tangan sehingga tangan tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya bahkan mungkin tidak dapat digerakkan sama sekali

oke, sekilas dari CTS. hanya tambahan dari di atas, kalo udh bener2 ga bisa di gerakin, mungkin harus di operasi daaaan akan memotong 7 otot di pergelangan [wawawaw] maaf dengan gambar nya, mungkin anda sedikit merasa takut atau linu dgn gmbr ini. tapi inilah operasi nya





saya serem liat poto ini. brrrrr~ jujur nih yah, [cerita dikit aah] pertama kali nemu soal CTS tuh waktu nyari2 ngebantuin tugas tmn saya :D naaah, kebeneran ketemunya di blog orang bali [lupa alamat nya] trus ada gambar yg diatas itu. brrrrr~ seremnya. setelah tau kalo CTS gara2 posisi pake komputer yg salah [waktu itu saya emg posisi salah ma megang mouse dan saya ngerasain kadang2 suka sakit tangan] tepatnya gini



saya cepet2 ganti meja komputer nya! jd skrg alhamdulillah udh bener :D



kembali ke CTS

atau juga, buat mengetahui kena atau gak nya CTS, bisa ngelakuin Phalen's maneuver atau Phalen's test



tekuk telapak tangan anda kiri kanan di dada 90 derajat atau siku2. tahan sampe 1 menit. jika anda merasa sakit, kemungkinan anda terkena CTS [mungkin]

Cara Menghindari?

anda bisa mencegah CTS sebelum terlambat. kalo udh parah yaaa di operasi kaya gambar yg di atas [brrrrr] cara nya dengan menggerakan sedikit tangan anda dan tentu saja, merubah posisi saat memakai komputer

gerakan tangan anda seperti gambar di bawah:






atau juga








lakukan berulang ulang. yg penting rutin aja. saya sendiri setelah sering melakukan gerakan ini, saya merasa lebih baik dengan tangan kanan saya

untuk hasil lebih baik, sebaiknya lakukan ini





lakukan gerakan tersebut 20 kali saja setiap anda ada waktu. dan juga regangkan pinggang anda ke depan dan belakang

juga merubah posisi saat memakai komputer









oke. itu sekilas info dari saya aja. semoga bermanfaat

2 comments:

Angsul said...

waw. Thank's y tipsny... Tpi f0tony sr3m bgt... Nice bwt Echa...

Elsa Mustikawati said...

haha. iya, sama2. hu uh. makanya saya langsung ganti meja komputer. takut kena. brrr

thx ^^